Kamis, 14 Februari 2019

Langkah-Langkah Bikin Jersey Sepeda

Jersey atau kaos bergambar adalah elemen yang tidak boleh terlupakan pada hampir semua kegiatan olahraga. Selain sepak bola, jersey juga biasa digunakan untuk olahraga futsal, basket, badminton, volly dan lain-lain. Jersey menjadi media ekspresi rasa kebanggaan bagi setiap komunitas olahraga, tak terkecuali komunitas bersepeda. Komunitas ini memang sering melakukan kegiatan di luar ruangan, bahkan banyak dari mereka yang melakukan kegiatan di luar kota hanya sekedar untuk off road. Seperti apa sebenarnya proses pembuatan jersey? Berikut adalah langkah-langkah bikin jersey sepeda yang mungkin belum anda ketahui,

Tahapan Pembuatan Custom Jersey Sepeda, Terlihat Mudah Namun Sebenarnya Rumit
1. Mendesain Kaos Secara Digital
Membuat jersey memang gampang-gampang susah, dan perlu didukung oleh peralatan-peralatan yang tidak sedikit. Sebelum tahapan bikin jersey sepeda dimulai, konveksi biasanya akan membuatkan desain kaos sesuai permintaan konsumen. Ada juga pelanggan yang memilih custom desain sendiri untuk menghiasi jersey pesanannya. Dengan teknik digital, hampir semua warna akan tercetak dengan sempurna, berbeda dengan teknik sablon, teknik printing dinilai lebih efisien dan berkualitas. Karena warna lebih melekat dengan sempurna pada permukaan kain.

2. Printing Desain Di Atas Kertas Transfer
Setelah desain sudah dibuat, maka proses selanjutnya adalah mencetak gambar tersebut melalui alat printing yang super besar. Dikarenakan kain jersey mudah sekali mengalami penekukan, maka proses printing tidak langsung diaplikasikan ke kain. Gambar desain akan diprinting ke atas kertas transfer khusus untuk kemudian ditimpakan ke atas kain. Kertas ini didesain khusus agar mampu memuaikan tinta yang sudah tercetak ke permukaan kain ketika suhu panas diberikan. Sehingga warna dapat melekat sempurna ke permukaan kain.

3. Transfer Gambar Ke Kaos
Setelah gambar custom jersey sepeda diprinting dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah memindahkan gambar tersebut ke atas kain. Konveksi jersey menggunakan alat pressing khusus untuk tahapan ini. Selain menekan permukaan kertas dan kain yang saling berhadapan, mesin ini juga mengeluarkan panas untuk memuaikan tinta pada kertas. Tinta yang memuai akan secara sempurna menimpa kain jersey dan secara cepat akan terserap oleh serat kain. Tentunya, kain yang digunakan merupakan kain khusus yang mampu menyerap tinta, seperti kain microfiber, hivetex dan lain-lain.

4. Finishing, Menjahit Kain
Setelah tinta pada permukaan kain mengering, maka tibalah saatnya tahapan terakhir proses bikin jersey sepeda. Kain tersebut kemudian dipotong sesuai pola dan ukuran, lalu disatukan dengan teknik jahit. Dengan mesin yang modern hanya perlu sehari bagi pihak konveksi untuk menyelesaikan puluhan hingga ratusan kaos jersey. Dengan mesin ini juga akan lebih mempermudah pihak konveksi dalam memenuhi setiap pemesanan pelanggan. Dan yang pasti, mempersingkat pekerjaan sehingga pemesanan selesai sesuai deadline.

Demikian adalah sekilas tahapan atau cara pembuatan kaos jersey yang bisa kita bagikan kepada anda. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda mengenai kaos jersey. Bagi anda yang ingin custom jersey sepeda namun tidak ada waktu untuk mencari tempat garment atau konveksi, bisa mengunjungi custom.co.id. Disini, anda bisa memesan dan mencustom kaos jersey sesuka hati dengan pilihan bahan yang berkualitas dan beragam. Anda bisa menghubungi nomor yang tertera untuk pemesanan dan informasi lebih lengkap. Custom.co.id, partner terpercaya anda untuk berbagai macam kebutuhan konveksi atau garment yang melayani pemesanan di sekitar wilayah Jakarta, Bali dan Bandung.