Rabu, 10 Juni 2020

Cegah Virus Covid 19, Kenali Cara Memakai Masker Kain Yang Benar

Virus covid 19 dinyatakan sebagai wabah yang mendunia karena telah berkembang dan meresahkan semua warga negara, termasuk Indonesia. Indonesia menjadi salah satu negara yang telah mengalami peningkatan korban selama beberapa waktu terakhir. Berbagai langkah pencegahan telah diambil oleh pemerintah pusat ataupun daerah, salah satunya adalah pakai Masker kain setiap di luar rumah. Yuk intip tiga syarat yang harus dipenuhi di sini.

Hal Hal yang Penting Selain Memakai Masker
1. Masker Dipakai Saat Keluar Rumah
Untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 memang dibutuhkan langkah yang tepat dari semua lini kehidupan. Tidak hanya tenaga medis, tetapi juga setiap individu harus turun tangan dalam mencegah penyebaran virus. Salah satu yang dapat ditempuh adalah selalu memakai masker saat bepergian keluar rumah agar tubuh terhindar dari para carier. Selain itu, anda juga dapat menghindari penularan virus kepara orang lain.

Masker yang dipakai ini dapat memilih beragam jenisnya, seperti masker bedah yang menjadi pilihan utama banyak orang. Kelangkaan masker bedah dapat diganti dengan Masker Fullprint yang cukup unik. Masker bedah dinilai efektif menahan virus dan debu, tetapi masker dengan bahan kain juga sangat efektif dipakai saat beraktivitas di luar rumah. anda dapat memilih kain katun untuk penggunaan yang lebih efektif dan nyaman di wajah serta kulit.

2. Menjaga Jarak Minimal 1 Meter
Terdapat banyak aktivitas ataupun pekerjaan yang tidak dapat ditunda, sehingga penerapan langkah work from home tidak selamanya efektif. Kebijakan PSBB dan WFH diambil oleh pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran virus lebih luas. Akan tetapi, beberapa pekerjaan memang tidak selamanya dapat ditunda sehingga cara yang tepat adalah menjaga diri. Jarak yang paling aman untuk melindungi diri setidaknya 1 meter.

Jaga jarak sejauh 1 meter dapat anda lakukan di beberapa tempat umum, seperti antrean di bank ataupun rumah makan. Setiap tempat makan pun sekarang telah mengurangi kapasitas pengunjung agar tidak banyak orang yang berkerumun. Selain itu, setiap tempat umum juga menganjurkan pengunjungnya memakai masker kain dan selalu mengukur suhu tubuh setiap orang. Hal ini bertujuan agar dapat mendeteksi pasien atau orang carier lebih cepat.

3. Sering Mencuci Tangan
Anjuran mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dinilai sangat efektif untuk mencegah penularan virus covid 19. Virus ini dapat menular melalui percikan droplet saat bersin atau batuk, sehingga sangat mungkin menempel di tangan, baju, atau tubuh. Oleh karena itu, menjaga kebersihan sangat wajib di masa pandemi ini. Setelah bepergian juga dianjurkan agar langsung mandi atau mengganti baju agar virus yang menempel di tubuh segera hilang.

Virus yang menempel ini juga dapat diatasi dengan mencuci barang barang di sekitar dengan desinfektan agar selalu higienis. Beberapa tempat umum juga telah mewajibkan pengunjung memakai masker kain serta selalu cuci tangan sebelum memasuki tempat tersebut. Jika tidak ada sabun dan air mengalir, anda dapat menggantinya dengan handsanitizer agar tetap bersih. Setiap menerima barang atau uang pun harus selalu mencuci tangan.

Mengikuti protokol kesehatan yang telah diterbitkan oleh pemerintah adalah salah satu cara agar pandemi ini segera berakhir. Anda juga dapat menjaga kebersihan diri agar terhindar dari paparan virus yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang orang di sekitar anda. Oleh karena itu, memakai masker menjadi sangat efektif jika diimbangi dengan 2 syarat lainnya. Sudahkah anda menerapkan tiga syarat tersebut untuk mencegah penularan virus covid 19?